Selasa, 23 Januari 2018

SASIRANGAN yang Mendunia

"Sasirangan" adalah kain khas kalimantan Selatan.Kain bukan sembarang kain, kain yang bisa disulap apa aja menjadi indah. Dengan proses pembuatan yang cukup rumit bila aku lihat, mungkin mudah buat ahlinya...heheee....
Mulai dari tahap awal membuat desain motif, menggambar, menjahit jelujur (dikerut ), pewarnaan , melepas jahitan, pencucian, pengeringan, finishing (disetrika dan dikemas cantik ).Mengeringkannya pun ditempat yang teduh biar hasil lebih glowing. Pemilihan obat warna serta takarannya juga ada rumusnya..
Kalau mau belajar bisa diajarin kok kalau berkunjung kepengrajinnya...Handmadenya cukup diacungi jempol. Kali ini tidak membahas secara khusus cara membuatnya...tapi kita akan langsung meriview hasil sulapan dari kain menjadi barang yang bernilai plus oleh tangan terampil.
Banyak barang - barang fashion wanita seperti dress, kameja wanita dan laki-laki,Jas,Jaket, cardigan,celana, rok sajadah,mukena, jilbab, bermacam jenis #tas, dompet, sepatu,tempat tisue, kipas tangan (souvenir pengajian nikahan anak pak jokowi).
Dan yang akan berlangsung februari 2018,desainer muda ibu 3 anak,vivi zubedi anak mantu mantan gubernur kalimantan selatan.Beliau akan ikut dalam New York Fashion Week diNew york...disana beliau akan menampilkan karya beliau dengan salah satunya berbahan kain sasirangan. Sungguh banggalah kita bangsa Indonesia,Salah satu hasil karya terindah dikenal bangsa luar.
Dan masih banyak lagi desainer lokal yang mempunyai karya yang indah.Salah satunya bu yani lokasi banjarbaru, beliau desainer sekaligus penjahit, beliau juga mempunyai butik sasirangan yang rata-rata pelanggan tiap harinya berkunjung.Mulai dari yang muda sampai tua serta pejabat sangat tertarik karya beliau.
Dari dulu juga aku sangat mendambakan untuk menjadi desainer,walau jadi model pertamanya boneka barbie.. Aku mencoba membuat dress , baju pengantin dan baju busana muslim...ala-ala baju kurung. Dari berbahan kain sisa jahitan dikasih tetangga seorang penjahit. Aku membuat tas selempang mungil...maklum amatiran.. Dan aku sangat ingin mengasah lebih lanjut skill yang terpendam.
Yuk kita berkarya...

2 komentar:

  1. wah ada bakat tuh mba...pelan2 digeluti insya Allah nnti keren ya..amin...

    Motif sasiranganny juga ok ok gitu ya...suka...banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangny aku ga punya mesin jahit...jadi pake tangan...asli handmade banget ya

      Hapus

Kuliner Halal Melegenda di Tanah Kalimantan Selatan

 Assalamu'alaikum Hai.... Hai.... Semua pembaca setia, setelah lama vakum dialam tulisan, dipenghujung tahun aku mau kasih kalian recome...