Sabtu, 29 Desember 2018

Pelukan yang tak biasa


Ngomongin pelukan sih ga jauh dari 2 pasang makhluk hidup. Pelukan lebih efektif dari pujian atau ucapan sayang. Apalagi diwujudkan kepada anak, akan membuat anak merasa dicintai dan dihargai, bukan karena mereka sudah melakukan sesuatu tapi karena keberadaan dirinya apa adanya. Hal tersebut dibenarkan oleh psikolog klinis asal Children's Mercy Hospital and Clinics di Kansas City,AS. Karena buah hati kita memang perlu dipeluk, apalagi dengan orang terdekat mereka, mereka akan merasa dianggap ada. Kadang ayah atau bunda seharian kerja , pulang kerja anak sudah tidur atau anak belum tidur ayah bunda masih sibuk dengan kegiatan rumah selanjutnya. Kapan lagi kedekatan akan terasa??
Peluklah buah hati kita saat mereka menyambut kedatangan kita, sehabis kita bebersih diri peluk lagi, dan sesering mungkin sampai sikecil terlelap.

kedekatan bersama orang tua



Pelukan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, merangsang saraf indra peraba atau taktil anak, lalu mengirimkan pesan keotak  untuk memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan hormon oksitosin yang membuat tubuh menjadi relaks, perasaan tenang dan bahagia.

Pelukan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengeluarkan racun dan  zat berbahaya dari otak, dan menimbulkan emosi positif yang membuat ikatan antara orang tua dan sikecil semakin erat.
pelukan sesingkat mungkin pun banyak bermanfaat .Untuk perkembangan fisik dan mental anak pelukan dibutuhkan waktu 5-20 detik.


Psikolog yang juga pernah menulis bukunya " The miracle of hug ",Melly puspita Sari,PSi. Menyarankan pelukan anak minimal 8 kali sehari untuk memberikan energi positif sehingga anak bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya. Pelukan yang penuh kelembutan juga merupakan salah satu cara untuk membantu menyelesaikan masalah.
Wow...betul-betul suatu keajaiban ya, dari sebuah pelukan.

Aku mau kasih tahu cara pelukan nih, yang emang harus dari hati kehati...cieyyy..
"Berlututlah atau menunduklah sampai ayah atau bunda sama tingginya dengan sikecil. Kemudian dekap tubuh kecil mereka dengan kedua belah tangan sampai menyelimuti tubuhnya dan sehingga dadanya menyentuh dada ayah atau bunda. lakukan selama 5 detik. Ini akan menyimbolkan kedekatan atau bentuk ungkapan heart to heart yang tak terlupakan "
Hal serupa pernah diungkapkan Andrea Weiner,Ed.D (Penulis buku More Than Saying I Love you :4 Powerpul steps That Help Children Love Themselves)

Nah...gimana Ayah bunda?
kita lakukan mulai sekarang ya.








#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliner Halal Melegenda di Tanah Kalimantan Selatan

 Assalamu'alaikum Hai.... Hai.... Semua pembaca setia, setelah lama vakum dialam tulisan, dipenghujung tahun aku mau kasih kalian recome...