Minggu, 27 Januari 2019

Perlunya edukasi yang hebat untuk menciptakan anak hebat.

Kehadiran kita disaat anak menonton televisi itu ternyata sangat berarti buat anak. Selain kita menjalin komunikasi dengan anak, kedekatan kita akan lebih terasa , walau hanya menanyakan tokoh utama didalam film, sharing alur cerita yang ditonton anak walau itu hanya film kartu Dora. Karena untuk tumbuh bahagia itu meliputi 3 aspek
-Stimulasi
gimana sih caranya menstimulasinya?ya, dengan tidak ada kesedihan didalam keluarga menjadikan anak pribadi yang positif sehingga pikiran anak plong menyerap ilmu/pelajaran dengan mudah, karena kita bisa melihat bahagia itu dari ekspresi wajah. Karena pentingnya anak tumbuh bahagia agar menjadikan kesadaran anak lebih baik, manajemen diri lebih baik, kesadaran dan kemampuan sosial lebih baik,  kemampuan mengambil keputusan lebih baik,  yang semua itu dilakukan dapat menghasilkan keberhasilan pendidikan, kesuksesan karir atau sukses belajar...wow...banyak betul manfaatnya.

*Nutrisi
Dari nutrisi juga tidak kalah pentingnya lo bun, pada kesempatan kampanye 'grow happy parenting'  Brand Executive Nestle  LACTROGROW ,Pramudita sarastri atau dipanggil dita berbagi informasi dan kiat mengenai pola asuh anak serta tips memberikan nutrisi seimbang dan lengkap untuk tumbuh bahagia, yang diterapkan dengan mudah. Pada kesempatan ini Lactrogrow memperkenalkan tampilan barunya yang telah diperkaya dengan DHA, kalsium, minyak ikan dan lactobacillus reutri yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Menyediakan nutrisi yang optimal bagi anak serta makanan bergizi secara teratur membuat anak tumbuh sehat dan bahagia.

*Keterlibatan orang tua
Hayooo ayah bunda..gimana caranya bisa terlibat dalam kegiatan anak??
stop pegang hape dlu ya,,berikan anak waktu, jangan sibuk sendirinya ya kayak iklan tv aja...dekat rasa jauh..heee
ini tipsnya agar bisa lebih jauh terlibat kegiatan anak :
- Bukan fokus pada jenis aktivitas, namun waktu kebersamaan.
contohnya lagi main sepak bola sama anak, jangan main sambil motong ikan ya bun. luangkan waktu sejenak.
-Tidak ada distraksi pada saat melakukan aktivitas bersama anak.
-Melakukan eye to eye contact saat bersama anak. Contohnya saat bermain balok bersama anak jangan orang tua sambil lihat kertas kerjaan karena dikejar deadline.
pandanglah mata anak, sambil berkomunikasi.
- Buatlah merasa anak paling penting. Karena membuat anak merasa dirinya paling penting dan dihargai oleh orang tuanya akan menimbulkan rasa nyaman dan aman, karena mereka menganggap bukan kegembiraan sesaat saja. kegembiraan  dan kebahagian masa anak-anak telah diakui sebagai sumber faktor paling berpengaruh terhadap kebahagian saat dewasa jika dibandingkan dengan sumber kebahagian lain seperti akademik, jabatan pekerjaan ataupun kekayaan.


Adapun kiat meningkatkan kebahagian dari segi Psikolog oleh Psikolog Elizabeth Sentosa, MPsi, Psi, SFP, ACC atau akrab di panggil mba Lizy ada beberapa kiat untuk membantu orang tua membesarkan anak agar tumbuh bahagia :
1. Memberikan makanan tepat waktu dan bergizi.
Jangan sampai telat ya bun, soalnya kalau telat makan akan juga mempengaruhi emosi anak, anak cenderung marah, lemah lesu,malas.
2. Mendukung kompetensi anak.
Jangan jadi helicopter bagi anak ,yang selalu mengatur sesuai keinginan kita. Dukung lah selalu anak selagi masih positif. Mempersiapkan anak untuk mandiri untuk anak siap berkompetensi.
3. Cukupi waktu tidur anak.
Jangan sampai anak kita terlalu malam tidurnya, karena besoknya susah bangun tidur atau pun disuruh bangun pagi, disekolah anak akan merasa mengantuk sehingga pelajaran susah diterima. cenderung marah juga emosinya kurang stabil. Tidur siang juga sangat perlu walau pun cuma 30 menit untuk mengistirahatkan anggota tubuh dan pikiran, sehingga bangun pun tubuh akan merasa segar kembali.
4.  Memberikan cinta tanpa syarat kepada anak.
banyak orang tua sekarang bilangnya mama bakal kasih uang jajan lebih bila kamu menjadi juara umum disekolah,klo ga' mama ga akan kasih uang jajan lagi. Mungkin segelintir orang itu adalah motivasi buat anak,tapi itu adalah cambuk buat anak. Anak merasa harus melakukan apa yang dijadikan prioritas orang tuanya, cenderung akan ketakutan bila gagal.
5. Menjadi orang tua yang bahagia sehingga bisa menularkan kebahagian kepada pasangan dan anak.
Karena tantangan dihidup modern seperti tingkat stress lebih tinggi atau interaksi yang intens dengan handphone terkesan cuek atau kurang peka dengan sekitar.
gimana bisa mendukung kebahagian anak, apabila orang tuanya sendiri tidak mengetahui bagaimana membahagiakan diri sendiri??
panduan inilah yang dibutuhkan para orang tua agar bisa membangun rantai tumbuh bahagia dalam keluarga.
Karena lebih penting anak bahagia dari pada orang tua,bukan orang tua ga berhak bahagia lo,heehee...
maksudnya berikan kebahagian sepenuhnya kepada anak, karena bahagiannya akan meningkatkan kemampuan sosialnya. Anak bahagia dari kecil akan diingatnya sampai tua, karena memori anak tentang kebahagian sangatlah kuat. Orang tua yang bahagia akan menghasilkan anak yang memiliki ketahanan terhadap stress dan tantangan hidup dimasa depan.
Jangan rusak kebahagiannya ya!

mba Lizy

 Mba lizy juga menejelaskan beberapa hormon yang mempengaruhi emotional
1. Hormon dopamine
cenderung menuju kepuncak kebosanan, wah...kalau ini terjadi pada anak gimana ya bun?Cenderung harus mempunyai sesuatu yang baru. Ya, bunda sekreatif mungkin menjadikan yang lama jadi terlihat baru dimata anak. good idea mom..
2. hormon Serotonim
Cenderung membuat dirinya berguna bagi orang lain.
bisa ditingkatkan dengan cara berjemur dibawah sinar matahari pagi dan selalu bahagia.
3 hormon oxytocin
cenderung mudah percaya diri auranya lebih bahagia.
bisa ditingkatkan dengan cara berpelukan, merasa lebih dekat.
4.hormon endorphine
cenderung mengarah semangat sehat dan bahagia, cara meningkatkannya dengan olahraga, kalau makanan sih agak pedes dikit..hee..biasanya juga dengan menggunakan aromatheraphy membangkitakan semangat.



wah...wah...ga jauh-jauh rasa bahagia itu berhubungan juga dengan asupan gizi yang menjadikan faktor penting untuk mendukung anak tumbuh bahagia, hal tersebut dijelaskan dokter spesialis anak Dr. dr Ariani dewi widodo, Sp.A (K) untuk mendukung kebahagiannya seorang anak agar mengonsumsi zat gizi secara lengkap dan seimbang agar memilliki saluran pencernaan yang sehat, sehingga anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik agar menunjangnya untuk tumbuh dan berkembang secara lebih bahagia dan optimal.
Untuk membentuk saluran cerna yang sehat, kita harus menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan cara :
  * Konsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi.
jauhi lah makanan junkfood, antibiotik dan obatan lainnya,  racun dalam air minum karena merupakan musuh bakteri baik dalam tubuh.
  *Konsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan.Probiotik asli bisa ditemukan di dalam kandungan ASI (L Reuteri).
Bisa juga ditemukan dipanganan lain seperti yoghurt, tempe, kimchi.
karena fungsi utama probiotik antara lain:
- meningkatkan bakteri baik dalam tubuh
-saluran cerna anak jadi sehat
- memperbaiki gizi anak dan optimalisasi anak.
- meningkatkan frekuensi BAB pada kasus sembelit/konstipasi.
- mengurangi durasi diare.
    *Menjaga kesehatan& kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur.
Jauhi stress, polusi udara, dan penyakit/sakit.
dr.Ariani


Anak tak akan happy bila anak lemas, sakit, kebanyakan penyakit berasal dari usus, kalau sakit bakteri jahat bisa mencapai 85%. Maka dari itu perbanyak konsumsi serat, serat tidak dapat digantikan dengan berbentuk pil atau bubuk. Maka dari itu pola piramida makanan sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
pola makan sehat, tanda hidup sehat.



nah mudahkan ya diterapkan!
ini edukasi yang aku dapetin di acara workshop bertema " Grow happy parenting" di kota banjarmasin tepatnya di kordinat cafe duta mall pada tanggal 28 November 2018,
terimakasih atas edukasinya, semoga bisa sharing dengan yang lain.
bersama teman FBB


#nestlelactrogrow
#growhappy




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliner Halal Melegenda di Tanah Kalimantan Selatan

 Assalamu'alaikum Hai.... Hai.... Semua pembaca setia, setelah lama vakum dialam tulisan, dipenghujung tahun aku mau kasih kalian recome...