Kamis, 28 Februari 2019

Penting!!! minum air putih bagi tubuh

Kebutuhan asupan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, berat badan, penyakit, hingga iklim.

Kebutuhan air putih pada bayi atau anak-anak dan lanjut usia tentunya lebih sedikit dibanding orang dewasa sehat. Normalnya, remaja dan dewasa sehat perlu minum air putih 8 gelas per hari atau sebanyak dua liter.

rajin minum air putih

cara menghitung kebutuhan air dalam tubuh orang dewasa adalah 30 ml per berat badan, contohnya kayak aku 30 ml x 65 kg = 1950 ml, maka kebutuhan air perhariku 1950 ml.
Minum air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Cairan merupakan komponen yang penting karena status hidrasi yang cukup, bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Cairan tubuh yang kurang menyebabkan dehidrasi yang bervariasi dari ringan sampai berat. Gejala dan tanda dehidrasi antara lain rasa haus, berkurangnya produksi urin, urin berwarna pekat, mata cekung, tidak ada air mata saat menangis, kondisi kulit yang buruk, serta penurunan kesadaran.

Bayi kecil yang tidak dapat menyampaikan keluhan umumnya menjadi rewel dan haus. Jika tidak ditangani, bayi dapat menjadi lemas, cenderung tidur, dan tidak responsif.




Dehidrasi pada anak perlu cepat diidentifikasi dan ditangani karena dehidrasi berat yang berlanjut menjadi syok dapat mengancam nyawa.

Untuk kebutuhan ibu hamil bertambah 300 ml air sehari, sedangkan ibu menyusui bertambah 500-600 ml air sehari.

Tanpa disadari manusia setiap hari bisa mengekuarkan cairan sebanyak 1300 - 3500 cc perhari
--->saat bernafas cairan keluar sebanyak 250-350 cc
----> buang air kecil 500 - 1000 cc
----> buang air besar 100 - 200 cc
----> saat cuaca panas dan aktivitas tinggi akan lebih banyak cairan keluar.

sekitar 70-80% kebutuhan cairan anak didapatkan dari minum air putih, sisanya berasal dari makanan. Hal ini harus membiasakan sikecil untuk minum air putih secara berkala agar kebutuhan cairannya terpenuhi.
Selama bermain atau berolahraga sebaiknya minum setengah cangkir hingga 2 gelas air setiap 15- 20 menit.

aktiv bermain


wow, berharganya air putih buat tubuh kita, rajin minum ya.











#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliner Halal Melegenda di Tanah Kalimantan Selatan

 Assalamu'alaikum Hai.... Hai.... Semua pembaca setia, setelah lama vakum dialam tulisan, dipenghujung tahun aku mau kasih kalian recome...